Kamis, 31 Mei 2012

PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI AJANG PROMOSI UKM





Selain membutuhkan ruang untuk mengembangkan inovasi produk, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia membutuhkan penyaluran pasar yang tepat. Paling tidak ada ruang informasi untuk mempromosikan produknya.
Ruang penyampaian informasi sebagai ajang promosi tersebut bisa dilakukan secara offline maupun online. Di era informasi seperti saat ini, ajang promosi secara online, yaitu via internet, merupakan keharusan untuk mendukung promosi secara offline. Salah satu ajang promosi secara online adalah dengan menggunakan media jejaring social (social network), seperti facebook, dan twitter. Belum lagi, media satu itu juga sangat murah meriah dalam menyebarluaskan produk-produk apa saja yang disajikan UKM. Sehingga, UKM lebih berkembang, tanpa modal tambahan.
Perlu diketahui, fasilitas sarana dunia maya selain murah, juga sangat simpel dalam memasarkannya. Foto produk tinggal dipajang, kemudian diberikan informasi dengan sedikit artikel untuk memahamkan konsumen menjadi sarana efektif menjajakan barang dagangan.

Pembahasan pada postingan ini dikhususkan pada pemanfaatan facebook sebagai ajang promosi bagi para pelaku UKM di Indonesia. Di era facebook seperti sekarang, perusahaan besar maupun mikro memiliki kesempatan yang setara untuk tampil kreatif di depan konsumen potensial mereka.
Kuncinya adalah pelajari bagaimana perusahaan besar menggunakan Facebook, ketahui kelebihan dan kelemahannya. Meskipun ada perbedaan, terdapat kiat-kiat yang bisa diterapkan baik untuk perusahaan besar atau usaha kecil, yaitu :


Susun Rencana dan Strategi
Perusahaan besar memiliki rencana untuk halaman Facebook mereka secara terperinci. Merek berfokus pada penentuan strategi, alur kerja dan prediksi kinerja dan hasilnya. Mereka memiliki tujuan spesifik dalam benak dan mereka mengetahui apa saja kendala utama yang akan dihadapi dalam perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut.

Para pemilik usaha kecil di sisi lain, sering membuat halaman Facebook hanya karena mereka melihat perusahaan lain sudah melakukannya atau mereka membaca di sebuah sumber bahwa para pakar menyarankan mereka untuk memiliki laman Facebook khusus. Namun mereka membuat laman Facebook tanpa tujuan yang jelas. Anda bisa saja tidak memiliki kekuatan manusia atau finansial untuk menyamai usaha yang lebih besar dalam upaya Facebook mereka tetapi hal itu tidak berarti Anda harus menyerah begitu saja.

Pikirkan tentang apa yang Anda hendaki dari halaman Facebook Anda. Apakah itu traffic ke situs bisnis Anda, penjualan yang lebih tinggi, memperbanyak relasi atau pengikut dalam mailing list Anda? Pikirkan tujuannya dengan masak-masak karena itulah langkah pertama dalam memulai dan mengarahkan setiap langkah Anda di Facebook.


Gunakan Aplikasi Tab Yang Terkustomisasi

Anda mungkin sudah menyaksikan tabs laman terkustomisasi yang begitu mempesona yang dimiliki oleh perusahaan besar. Beberapa tahun lalu, perusahaan-perusahaan umumnya harus menyewa jasa desainer untuk membuat tabs seperti ini. Mereka melakukannya dari dasar, sangat menguras tenaga dan sulit untuk dipertahankan dalam jangka lama. Pekerjaan tersebut hampir serupa dengan pekerjaan penuh waktu yang tidak bisa didanai oleh sebuah usaha kecil.


ShortStack
, bersamaan dengan aplikasi lain, memberikan pemilik bisnis kecil kemampuan utnuk membuat tab mereka sendiri dengan tingkat kesulitan yang lumayan rendah.

Anda tak perlu lagi harus menguasai bahasa pemrograman dan Anda bahkan tidak perlu menjadi desainer web yang piawai untuk itu. Mereka akan memberikan Anda tampilan dan fungsionalitas yang mampu disajikan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam laman Facebook mereka dengan biaya yang lebih terjangkau.


Tekankan Interaksi
Pengguna Facebook menghendaki interaksi dan perhatian dan inilah yang kadang diabaikan oleh perusahaan besar. Perusahaan besar mengetahui bagaimana menyenangkan penyuka halaman Facebooknya.

Sayangnya, tampaknya sebagian besar pemilik bisnis kecil kurang memperhatikan hal ini. Halaman Facebook mereka hanya terdiri dari sekumpulan gambar, bio yang singkat dan mungkin peta. Namun inilah konten yang statis yang tidak akan membuat pengguna terpesona.


Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan dalam Facebook, yaitu melibatkan pengguna lain dan berinteraksi dengan intens di dalamnya.


Fitur-fitur promosi seperti kontes, hadiah dan sebagainya tersedia pada aplikasi tab kustom yang ada di pasaran. Sehingga jika Anda tidak menggunakan aplikasi tab terkustomisasi, daftarlah, buat konten yang mampu melibatkan dan membuat pengguna merasa tertarik untuk berinteraksi.


Selalu Siap Sedia

Facebook berkenaan dengan individu, pelanggan Anda. Bisnis besar memiliki manajer komunitas, posisi yang berhubungan dengan pelanggan mereka sehari-hari.


Pemilik bisnis kecil sering memeriksa laman Facebook bisnis sekali atau dua kali dalam seminggu, menanggapi hanya sesekali. Namun Anda tidak akan merasa nyaman mengetahui pelanggan berada di toko tanpa ada seseorang yang menanggapi pertanyaan mereka, atau menjawab pertanyaan mereka mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Maka dari itu, ushaakan untuk terus siap siaga secara online.


Kesiapsiagaan Anda dalam menanggapi komunitas online Anda di Facebook bisa jadi apa yang memotivasi Anda untuk datang dan membeli, sehingga periksa laman Facebook Anda lebih sering dan tanggapi jika sejumlah fans mencoba berinteraksi dengan Anda di dinding (wall).


Ambil Tindakan

Mengumpulkan umpan balik dan mengamati perubahan yang terjadi ialah bagian dari pekerjaan manajer komunitas bisnis besar. Namun memanfaatkan sata semacam itu biasnaya meliputi laporan, rapat panitia, barang yang dijual dan langkah-langkah lainnya dalan hirarki birokratis perusahaan besar.


Tulis di wall Anda yang berasal dari pelanggan menjadi umpan balik instan yang bisa Anda gunakan untuk membuat perubahan yang diperlukan, memecahkan masalah dan bahkan menikmati pujian. Dan karena Andalah si pemilik, Anda harus membuat keputusan. Tim-tim yang berasal dari usaha besar kemungkinan kecil memiliki waktu untuk menyetujui sebuah tanggapan. Itu semua terserah Anda dan Anda bisa mewujudkannya sekarang.


Bersikap Fleksibel

Korporasi besar cenderung lamban dalam membuat keputusan. Tak hanya dalam hal laporan dan rapat, ada juga perencanaan dan pemasaran. Sebagai hasilnya, manajer komunitas bisnis besar memiliki tingkat flekibilitas yang lebih rendah.


Namun UKM tidak perlu harus mengejar kesuksesan ala korporasi besar. Misalnya jika Anda seorang pemilik restoran yang ingin ada lebih banyak pengunjung dan pembeli dalam restoran Anda malam ini, mengapa tidak memberitahukannya dalam halaman Facebook bisnis restoran Anda, dan Anda bisa tawarkan siapa saja yang datang dan terlibat dalam pembahasan tersebut akan mendapatkan hadiah tertantu.


Jika Anda memiliki terlalu banyak inventaris yang Anda ingin singkirkan segera sebelum pengiriman selanjutnya tiba, anda bisa beritahukan di Facebook bahwa hari ini akan ada potongan 25% bagi fans yang tertarik. Mereka yang tertarik bisa mencetak kupon dan menunjukkannya.


Menciptakan sebuah perasaan pentingnya kecepatan tanggapan dan penawaran yang menggiurkan terhadap fans ialah dua cara yang baik dalam mengingkatkan respon komunitas yang kuat.

Untuk kepentingan penerapan langkah-langkah tersebut, berikut cara-cara teknis optimasi Facebook sebagai ajang promosi UKM :

Tambahkan App FBML Statis
Salah satu taktik viral marketing untuk mengembangkan usaha di Facebook adalah dengan memanfaatkan applikasi FBML. Dengan menambahkan aplikasi ini, Anda bisa mendesain tampilan Facebook Anda sesuai dengan produk bisnis Anda.
Misalnya untuk usaha permen atau baju anak-anak tampilan yang akan digunakan dengan nuansa ceria. Berbeda dengan bisnis seragam yang tampak lebih formal. Selain itu, FBML ini akan menambah jumlah akun lain yang melakukan “like” pada halaman Facebook Anda sekaligus bisa membangun mailing list untuk me-maintain mereka.
Pilih pilihan “statistic FBML” kemudian klik “edit page” yang ada disebelah kiri. Lalu selanjutnya klik “Apps” untuk menampilkan seluruh aplikasi yang tersedia kemudian klik “edit setting” kemudian tambahkan FBML ke akun Facebook usaha Anda.

Set Up Tab Anda
Setelah Anda selesai menambahkan aplikasi FBML ke halaman Facebook Anda, langkah berikutnya adalah dengan membuat tab baru. Caranya adalah kembali ke halaman Apps dan klik “Go to App” di samping aplikasi FBML.

Tambahkan Konten Anda
Untuk menambahkan konten, Anda harus super kreatif dengan menghadirkan tampilan sesuai dengan produk usaha Anda. Untuk menambahkan konten ini harus berupa HTML. Yang harus Anda perhatikan adalah ketepatan HTML Anda, karena banyak HTML yang terkadang tidak kompatibel untuk ditampilkan.

 Buat Landing Default Page
Landing Default Page ini sangat penting karena memungkinkan setiap orang yang ingin berselancar di dunia maya menampilkan halaman Facebook Anda terlebih dahulu. Hal ini bisa jadi promosi gratis yang praktis bagi usaha Anda.
Buka tab Wall Anda kemudian klik “setting”. Lalu pilih pilihan “Landing Default Tab For Everyone Else”.

Buat Halaman Facebook Interaktif dengan FBML
Bagi Anda yang lebih “melek” teknologi. Anda bisa menambahkan konten seperti live feed, profil pengguna dan lain-lain pada halaman Anda. Hal ini bisa membuat halaman Facebook Anda lebih menarik.

Promosikan Halaman Facebook Anda
Promosi tetap harus dilakukan agar halaman Facebook yang sudah Anda modifikasi dikunjungi banyak orang. Anda bisa menggunakan sosial media lain seperti Twitter, Foursquare atau bahkan Google+. Hal ini bisa membantu promosi halaman Facebook Anda. Selain itu Anda juga bisa turut menyertakan promosi menarik lainnya seperti akses khusus, potongan harga dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar