Senin, 11 Juni 2012

KEWIRAUSAHAAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI UKM


Teknologi merupakan kreativitas budaya manusia untuk mempermudah kehidupan. Pengembangan teknologi di kalangan UKM timbul sebagai kreatifitas jika ada dorongan, baik disebabkan keinginan untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas produk. Keinginan itu sendiri baru akan ada jika pengusaha memiliki kewirausahaan yang cukup baik sehingga mampu melihat peluang dan keuntungan yang akan diperoleh jika dilakukan inovasi teknologi.

Namun demikian, dengan kondisi UKM sekarang yang kurang memahami kewirausahaan, sulit bagi UKM untuk melakukan inovasi teknologi. Kalaupun ada keinginan untuk menerapkan temuan teknologi, namun sulit diaplikasikan karena tidak memiliki sumberdaya memadai. Kesulitan UKM untuk melakukan inovasi teknologi sendiri di samping disebabkan oleh ketidakmampuan dalam memperhitungkan keuntungan dari penerapan teknologi tersebut, juga karena belum kondusifnya iklim usaha UKM. 

Hasil inovasi teknologi UKM belum mendapat perlindungan. Banyak temuan teknologi dan peralatan dari lembaga-lembaga penelitian yang belum dapat dimanfaatkan oleh UKM. Masalah ini menjadi kendala UKM untuk mendapatkan teknologi tepat guna yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung percepatan pengembangan usaha UKM. Kendala lain yang menimbulkan masalah adalah belum adanya sistem informasi tentang temuan-temuan teknologi tepat guna yang diperlukan UKM. Akibatnya, temuan-temuan tersebut belum dapat dimanfaatkan secara luas oleh UKM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar