Rabu, 13 Juni 2012

JANGKRIK SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN CUPANG


(sumber gambar : http://encepfr.blogspot.com)
Di tempat tinggal saya, di daerah Cileungsi, Bogor, cukup sulit untuk mencari kutu air dan jentik nyamuk (cuk) untuk pakan ikan cupang hias koleksi saya. Kalaupun ada, letaknya cukup jauh dari rumah saya. Pemberian pellet atau cacing beku pun tidak bisa memenuhi kebutuhan ikan cupang saya, karena ikan-ikan saya hanya suka dengan pakan alami.

Akhirnya saya memutuskan untuk memilih jangkrik sebagai pakan utama ikan-ikan cupang saya. Cukup dengan uang Rp 5000 saya beli di tempat makanan burung, saya dapat jangkrik dalam jumlah yang cukup untuk seminggu makanan ikan-ikan saya. Selain murah, menurut informasi yang saya dapat, jangkrik mengandung protein yang bias menyehatkan dan mencemerlangkan warna pada ikan.

Cara penyajiannya : beberapa jangkrik yang dipilih ditempatkan dalam wadah kaleng lalu disiram air mendidih. Jangkrik-jangkrik tersebut akan langsung mati begitu air tersebut disiramkan. Buang kepala dan kaki-kaki kecilnya, sisakan badan dan bagian paha. Lalu pisahkan bagian paha dan badan. Yang bagian paha dipencet akan keluar dagingnya, begitu juga dengan bagian badannya. Lalu berikan ke ikan-ikan cupang.

3 komentar:

  1. simple sih gan, tp ane kagak tega jangkrik ampe di siksa gtu .
    gan ada trik atau pakan ikan cupang yg lebih muda ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake telur ayam dikocok dikasih air dikit trus dikukus sampe mateng aja gannn, ngasihnya dikit2... simple gann tanpa tersiksa Wkwkwk

      Hapus
    2. Pake telur ayam dikocok dikasih air dikit trus dikukus sampe mateng aja gannn, ngasihnya dikit2... simple gann tanpa tersiksa Wkwkwk

      Hapus