Kamis, 31 Mei 2012

PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI AJANG PROMOSI UKM





Selain membutuhkan ruang untuk mengembangkan inovasi produk, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia membutuhkan penyaluran pasar yang tepat. Paling tidak ada ruang informasi untuk mempromosikan produknya.
Ruang penyampaian informasi sebagai ajang promosi tersebut bisa dilakukan secara offline maupun online. Di era informasi seperti saat ini, ajang promosi secara online, yaitu via internet, merupakan keharusan untuk mendukung promosi secara offline. Salah satu ajang promosi secara online adalah dengan menggunakan media jejaring social (social network), seperti facebook, dan twitter. Belum lagi, media satu itu juga sangat murah meriah dalam menyebarluaskan produk-produk apa saja yang disajikan UKM. Sehingga, UKM lebih berkembang, tanpa modal tambahan.
Perlu diketahui, fasilitas sarana dunia maya selain murah, juga sangat simpel dalam memasarkannya. Foto produk tinggal dipajang, kemudian diberikan informasi dengan sedikit artikel untuk memahamkan konsumen menjadi sarana efektif menjajakan barang dagangan.

Pembahasan pada postingan ini dikhususkan pada pemanfaatan facebook sebagai ajang promosi bagi para pelaku UKM di Indonesia. Di era facebook seperti sekarang, perusahaan besar maupun mikro memiliki kesempatan yang setara untuk tampil kreatif di depan konsumen potensial mereka.
Kuncinya adalah pelajari bagaimana perusahaan besar menggunakan Facebook, ketahui kelebihan dan kelemahannya. Meskipun ada perbedaan, terdapat kiat-kiat yang bisa diterapkan baik untuk perusahaan besar atau usaha kecil, yaitu :


Susun Rencana dan Strategi
Perusahaan besar memiliki rencana untuk halaman Facebook mereka secara terperinci. Merek berfokus pada penentuan strategi, alur kerja dan prediksi kinerja dan hasilnya. Mereka memiliki tujuan spesifik dalam benak dan mereka mengetahui apa saja kendala utama yang akan dihadapi dalam perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut.

Para pemilik usaha kecil di sisi lain, sering membuat halaman Facebook hanya karena mereka melihat perusahaan lain sudah melakukannya atau mereka membaca di sebuah sumber bahwa para pakar menyarankan mereka untuk memiliki laman Facebook khusus. Namun mereka membuat laman Facebook tanpa tujuan yang jelas. Anda bisa saja tidak memiliki kekuatan manusia atau finansial untuk menyamai usaha yang lebih besar dalam upaya Facebook mereka tetapi hal itu tidak berarti Anda harus menyerah begitu saja.

Pikirkan tentang apa yang Anda hendaki dari halaman Facebook Anda. Apakah itu traffic ke situs bisnis Anda, penjualan yang lebih tinggi, memperbanyak relasi atau pengikut dalam mailing list Anda? Pikirkan tujuannya dengan masak-masak karena itulah langkah pertama dalam memulai dan mengarahkan setiap langkah Anda di Facebook.


Gunakan Aplikasi Tab Yang Terkustomisasi

Anda mungkin sudah menyaksikan tabs laman terkustomisasi yang begitu mempesona yang dimiliki oleh perusahaan besar. Beberapa tahun lalu, perusahaan-perusahaan umumnya harus menyewa jasa desainer untuk membuat tabs seperti ini. Mereka melakukannya dari dasar, sangat menguras tenaga dan sulit untuk dipertahankan dalam jangka lama. Pekerjaan tersebut hampir serupa dengan pekerjaan penuh waktu yang tidak bisa didanai oleh sebuah usaha kecil.


ShortStack
, bersamaan dengan aplikasi lain, memberikan pemilik bisnis kecil kemampuan utnuk membuat tab mereka sendiri dengan tingkat kesulitan yang lumayan rendah.

Anda tak perlu lagi harus menguasai bahasa pemrograman dan Anda bahkan tidak perlu menjadi desainer web yang piawai untuk itu. Mereka akan memberikan Anda tampilan dan fungsionalitas yang mampu disajikan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam laman Facebook mereka dengan biaya yang lebih terjangkau.


Tekankan Interaksi
Pengguna Facebook menghendaki interaksi dan perhatian dan inilah yang kadang diabaikan oleh perusahaan besar. Perusahaan besar mengetahui bagaimana menyenangkan penyuka halaman Facebooknya.

Sayangnya, tampaknya sebagian besar pemilik bisnis kecil kurang memperhatikan hal ini. Halaman Facebook mereka hanya terdiri dari sekumpulan gambar, bio yang singkat dan mungkin peta. Namun inilah konten yang statis yang tidak akan membuat pengguna terpesona.


Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan dalam Facebook, yaitu melibatkan pengguna lain dan berinteraksi dengan intens di dalamnya.


Fitur-fitur promosi seperti kontes, hadiah dan sebagainya tersedia pada aplikasi tab kustom yang ada di pasaran. Sehingga jika Anda tidak menggunakan aplikasi tab terkustomisasi, daftarlah, buat konten yang mampu melibatkan dan membuat pengguna merasa tertarik untuk berinteraksi.


Selalu Siap Sedia

Facebook berkenaan dengan individu, pelanggan Anda. Bisnis besar memiliki manajer komunitas, posisi yang berhubungan dengan pelanggan mereka sehari-hari.


Pemilik bisnis kecil sering memeriksa laman Facebook bisnis sekali atau dua kali dalam seminggu, menanggapi hanya sesekali. Namun Anda tidak akan merasa nyaman mengetahui pelanggan berada di toko tanpa ada seseorang yang menanggapi pertanyaan mereka, atau menjawab pertanyaan mereka mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Maka dari itu, ushaakan untuk terus siap siaga secara online.


Kesiapsiagaan Anda dalam menanggapi komunitas online Anda di Facebook bisa jadi apa yang memotivasi Anda untuk datang dan membeli, sehingga periksa laman Facebook Anda lebih sering dan tanggapi jika sejumlah fans mencoba berinteraksi dengan Anda di dinding (wall).


Ambil Tindakan

Mengumpulkan umpan balik dan mengamati perubahan yang terjadi ialah bagian dari pekerjaan manajer komunitas bisnis besar. Namun memanfaatkan sata semacam itu biasnaya meliputi laporan, rapat panitia, barang yang dijual dan langkah-langkah lainnya dalan hirarki birokratis perusahaan besar.


Tulis di wall Anda yang berasal dari pelanggan menjadi umpan balik instan yang bisa Anda gunakan untuk membuat perubahan yang diperlukan, memecahkan masalah dan bahkan menikmati pujian. Dan karena Andalah si pemilik, Anda harus membuat keputusan. Tim-tim yang berasal dari usaha besar kemungkinan kecil memiliki waktu untuk menyetujui sebuah tanggapan. Itu semua terserah Anda dan Anda bisa mewujudkannya sekarang.


Bersikap Fleksibel

Korporasi besar cenderung lamban dalam membuat keputusan. Tak hanya dalam hal laporan dan rapat, ada juga perencanaan dan pemasaran. Sebagai hasilnya, manajer komunitas bisnis besar memiliki tingkat flekibilitas yang lebih rendah.


Namun UKM tidak perlu harus mengejar kesuksesan ala korporasi besar. Misalnya jika Anda seorang pemilik restoran yang ingin ada lebih banyak pengunjung dan pembeli dalam restoran Anda malam ini, mengapa tidak memberitahukannya dalam halaman Facebook bisnis restoran Anda, dan Anda bisa tawarkan siapa saja yang datang dan terlibat dalam pembahasan tersebut akan mendapatkan hadiah tertantu.


Jika Anda memiliki terlalu banyak inventaris yang Anda ingin singkirkan segera sebelum pengiriman selanjutnya tiba, anda bisa beritahukan di Facebook bahwa hari ini akan ada potongan 25% bagi fans yang tertarik. Mereka yang tertarik bisa mencetak kupon dan menunjukkannya.


Menciptakan sebuah perasaan pentingnya kecepatan tanggapan dan penawaran yang menggiurkan terhadap fans ialah dua cara yang baik dalam mengingkatkan respon komunitas yang kuat.

Untuk kepentingan penerapan langkah-langkah tersebut, berikut cara-cara teknis optimasi Facebook sebagai ajang promosi UKM :

Tambahkan App FBML Statis
Salah satu taktik viral marketing untuk mengembangkan usaha di Facebook adalah dengan memanfaatkan applikasi FBML. Dengan menambahkan aplikasi ini, Anda bisa mendesain tampilan Facebook Anda sesuai dengan produk bisnis Anda.
Misalnya untuk usaha permen atau baju anak-anak tampilan yang akan digunakan dengan nuansa ceria. Berbeda dengan bisnis seragam yang tampak lebih formal. Selain itu, FBML ini akan menambah jumlah akun lain yang melakukan “like” pada halaman Facebook Anda sekaligus bisa membangun mailing list untuk me-maintain mereka.
Pilih pilihan “statistic FBML” kemudian klik “edit page” yang ada disebelah kiri. Lalu selanjutnya klik “Apps” untuk menampilkan seluruh aplikasi yang tersedia kemudian klik “edit setting” kemudian tambahkan FBML ke akun Facebook usaha Anda.

Set Up Tab Anda
Setelah Anda selesai menambahkan aplikasi FBML ke halaman Facebook Anda, langkah berikutnya adalah dengan membuat tab baru. Caranya adalah kembali ke halaman Apps dan klik “Go to App” di samping aplikasi FBML.

Tambahkan Konten Anda
Untuk menambahkan konten, Anda harus super kreatif dengan menghadirkan tampilan sesuai dengan produk usaha Anda. Untuk menambahkan konten ini harus berupa HTML. Yang harus Anda perhatikan adalah ketepatan HTML Anda, karena banyak HTML yang terkadang tidak kompatibel untuk ditampilkan.

 Buat Landing Default Page
Landing Default Page ini sangat penting karena memungkinkan setiap orang yang ingin berselancar di dunia maya menampilkan halaman Facebook Anda terlebih dahulu. Hal ini bisa jadi promosi gratis yang praktis bagi usaha Anda.
Buka tab Wall Anda kemudian klik “setting”. Lalu pilih pilihan “Landing Default Tab For Everyone Else”.

Buat Halaman Facebook Interaktif dengan FBML
Bagi Anda yang lebih “melek” teknologi. Anda bisa menambahkan konten seperti live feed, profil pengguna dan lain-lain pada halaman Anda. Hal ini bisa membuat halaman Facebook Anda lebih menarik.

Promosikan Halaman Facebook Anda
Promosi tetap harus dilakukan agar halaman Facebook yang sudah Anda modifikasi dikunjungi banyak orang. Anda bisa menggunakan sosial media lain seperti Twitter, Foursquare atau bahkan Google+. Hal ini bisa membantu promosi halaman Facebook Anda. Selain itu Anda juga bisa turut menyertakan promosi menarik lainnya seperti akses khusus, potongan harga dan lain-lain.

Rabu, 30 Mei 2012

PROSPEK UKM INDONESIA DI TAHUN 2012

Alasan sebagian besar masyarakat Indonesia memilih berkiprah di dunia UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tentu saja berkaitan dengan keuangan. Dengan penduduk Indonesia yang banyak, lalu tingkat kemiskinan yang masih tinggi, dan latar pendidikan yang rendah, tentu susah untuk mencari modal usaha.. Apalagi bank-bank memberikan syarat yang tinggi dalam memberikan pinjaman kredit, salah satunya menyertakan surat izin usaha dan birokrasi yang rumit membuat para wiraswastawan di bidang UKM merasa kesulitan untuk mengurus surat izin usaha.

Namun UKM tidak bisa dianggap enteng. UKM berperan cukup besar dalam peningkatan perekonomian Indonesia. UKM telah terbukti mampu hidup dan berkembang di dalam badai krisis selama lebih dari enam tahun, keberadaannya telah dapat memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar hampir 60%, penyerapan tenaga kerja sebesar 88,7% dari seluruh angkatan kerja di Indonesia dan kontribusi UKM terhadap ekspor tahun 1997 sebesar 7,5% (BPS tahun 2000). Dalam situasi dan kondisi ekonomi yang belum kondusif saat ini, pengembangan kegiatan UKM dianggap sebagai satu alternatif penting yang mampu mengurangi beban berat yang dihadapi perekonomian nasional dan daerah. Argumentasi ekonomi di belakang ini yakni karena UKM merupakan kegiatan usaha dominan yang dimiliki bangsa ini. Selain itu pengembangan kegiatan UKM relatif tidak memerlukan kapital yang besar dan dalam periode krisis selama ini UKM relatif “tahan banting”, terutama UKM yang berkaitan dengan kegiatan usaha pertanian (agribisnis). Depresiasi rupiah terhadap dollar Amerika telah menyebabkan UKM dalam sektor pertanian dapat mengeruk keuntungan yang relatif besar. Sebaliknya, UKM yang tergantung pada komoditas import mengalami keterpurukan dengan adanya gejolak depresiasi rupiah ini.

UKM memegang peranan penting dalam ekonomi Indonesia, baik ditinjau dari segi jumlah usaha maupun dari segi penciptaan lapangan kerja. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BPS dan Kantor Menteri Negara untuk Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menegkop & UKM), usaha-usaha kecil termasuk usaha-usaha rumah tangga atau mikro (yaitu usaha dengan jumlah total penjualan setahun yang kurang dari Rp. 1 milyar), pada tahun 2000 meliputi 99,9 % dari total usaha-usaha yang bergerak di Indonesia. Sedangkan usaha-usaha menengah (yaitu usaha-usaha dengan total penjualan tahunan yang berkisar antara Rp.1 Milyar dan Rp. 50 Milyar) meliputi hanya 0,14 % dari jumlah total usaha. Dengan demikian, potensi UKM sebagai keseluruhan meliputi 99,9 % dari jumlah total usaha yang bergerak di Indonesia. Besarnya peran UKM ini mengindikasikan bahwa UKM merupakan sektor usaha dominan dalam menyerap tenaga kerja. Apalagi pada saat sekarang banyak berdiri lembaga keuangan yang menyediakan kredit bagi masyarakat yang ingin membuka usaha dengan bunga dan cicilan yang ringan. Sehingga sektor UKM berkembang pesat.

Menyadari pentingnya peran UKM bagi perekonomian Indonesia, pemerintah telah melakukan beberapa usaha guna mendukung kelancaran dan pemberdayaan UKM. Usaha-usaha tersebut antara lain : memfasilitasi UKM, memberikan bantuan dari segi pemasaran dan pengembangan jaringan kemitraan, mengembangkan keterampilan pelaku UKM, serta mengembangkan UKM di bidang ekspor. Beberapa pencapaian utama yang cukup berhasil dalam rangka pemberdayaan UKM adalah:
  1. memfasilitasi perluasan akses pasar produk UKM dengan membuka gerai, penyediaan kios, dan memfasilitasi produk UKM untuk masuk dalam jalur distribusi melalui pasar ritel modern,
  2. Penciptaan jaringan kemitraan UKM yang di lakukan dengan mengembangkan waralaba lokal,
  3. Pemberian penghargaan kepada tiga kelompok UKM (UKM Ekspor, Pembangun Merek Global, dan Eksportir Berkinerja) yang di lakukan secara rutin, yaitu dengan menyelenggarakan pemberian Penghargaan Primaniyarta,
  4. Penyelenggaraan bimbingan teknis pembiayaan dan bantuan penerapan ISO 9000, pengemasan, dan branding kepada UKM yang berorientasi ekspor.

Apabila kita melihat dari segi peningkatan PDB, tentu saja prospek UKM pada tahun 2012 cukup cerah. Dengan birokrasi rumit dan berbelit-belit,serta ancaman krisis global pada tahun lalu, namun UKM masih tetap bertahan bahkan mengalami peningkatan, baik dari segi hasil maupun pelaku. Apalagi pada saat sekarang, pemerintah mulai memperhatikan UKM dan berusaha memberdayakannya, maka prospek UKM akan sangat bagus dan memiliki daya saing tinggi.

Selasa, 29 Mei 2012

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR UNGGULAN


KOI


Ikan Koi memiliki keindahan corak, gerakan tubuhnya dan juga terkenal sangat jinak dengan pemiliknya. Beda ikan ini dengan ikan hias lain ialah bila ikan hias lain sangat cantik diamati dari samping, tidak demikian halnya dengan ikan Koi, keindahannya justru terletak di punggungnya.
Sentra produksinya terletak di Blitar – Jawa Timur, Sleman dan Bantul – Yogyakarta, Cianjur dan Sumedang – Jawa Barat, Kota Semarang dan Magelang – Jawa Tengah dan terakhir di Tangerang – Banten. Wilayah distribusi penjualan ikan koi pada lima provinsi tersebut yakni Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah terutama Kota Semarang, Jawa Barat utamanya wilayah Cisarua – Bogor, Jakarta, Banten, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Kalimantan Barat.



CUPANG



Ikan cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, karena ikan tersebut selain rupanya yang cantik juga menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher).
Sentra budidaya ikan cupang tersebar di wilayah Jakarta terutama Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Selain wilayah Jakarta, sentra produksi ikan cupang terdapat pula di wilayah Banten, DI Yogyakarta, Kota Kediri, Kota Semarang dan wilayah Kota Bogor. Distribusi penjualan ikan hias jenis cupang tersebar di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah terutama daerah Semarang, DI Yogyakarta, Jawa Timur utama di Kota Kediri, Kabupaten Kediri, dan Surabaya, lalu terakhir terdistribusi di Kota Bogor Jawa Barat.



MAS KOKI




Ikan mas koki ternyata banyak sekali macamnya atau strainnya. Macam dan jenis ikan mas koki ini merupakan hasil rekayasa genetik dari ikan mas koki asli.
Sentra budidaya ikan mas koki tersebar di Jakarta Timur, Tulung Agung – Jawa Timur, Kabupaten Magelang – Jawa Tengah dengan distribusi penjualannya di Jakarta, Surabaya dan Semarang.



DISCUS



Discus sebagai rajanya ikan air tawar menarik banyak akuaris maupun orang awam untuk memeliharanya. Selain bentuk, warna, dan coraknya yang menarik, harganya yang mahalpun menjadi salah satu daya tarik untuk memeliharanya.
Sentra produksi ikan discus tidak banyak di Indonesia. Sentra produksi ikan discus terdapat di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Ikan discus merupakan ikan komoditas ekspor. Sebagian besar komoditas discus distribusinya ke luar negeri dan Jakarta.



ARWANA


Ikan arwana merupakan family ikan karuhun. Bentuk tubuhnya yang gagah, dan warna sisiknya yang mempesona membuat ikan ini banyak digemari orang. Apalagi banyak juga yang meyakini, ikan arwana merupakan ikan keberuntungan. Salah satu jenis ikan arwana unggulan adalah arwana super red. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Sentra produksi ikan arwana terdapat di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jakarta Timur, Jawa Tengah (Kabupaten Magelang dan Kota Semarang) dan Papua. Arwana juga termasuk ikan hias komoditas ekspor dengan harga yang cukup tinggi. Daerah distribusinya di dalam negeri mencakup wilayah Jakarta, Semarang dan Bandung.



BOTIA



Botia, didalam buku Saanin (1984) disebutkan memiliki 2 macam spesies, yaitu Botia macaracanthus dan Botia hymenphysa. Di dalam buku lain yang di tulis oleh Kottelat dkk (1993), ikan botia memiliki tiga spesies, yaitu Botia macaracanthus, Botia hymenphysa dan Botia reversa. Ketiga spesies ini dibedakan salah satunya perbedaan jumlah pita hitam yang melingkar di tubuhnya. Botia macaracanthus memiliki 3 pita hitam, Botia hymenphysa mempunyai 13 – 15 pita hitam dan Botia reversa memiliki 12 pita hitam. Secara taksonomi ikan hias botia masuk dalam kategori famili Cobitidae.
Sentra produksi ikan Botia terletak di Kota Jambi dan Kabupaten Katingan – Kalimantan Tengah. Ikan botia juga merupakan komoditas ekspor. Wilayah pemasarannya meliptui Negara Singapura, USA dan Eropa. Di dalam negeri distribusinya meliputi Jakarta dan Surabaya.



TETRA



Ikan Tetra terkenal cukup indah. Bermacam-macam jenis tetra yang dikenal di Indonesia seperti Green Tetra, Blue Tetra, Silver Tetra, Neon Tetra & banyak lagi yang lain. Pada tulisan ini diketengahkan jenis neon tetra yang berasal dari sungai Amazon Amerika, dan telah berkembang biak di Indonesia. Neon Tetra (Hyphessobryconnesi), ikan hias ini termasuk ke dalam kelompok ikan hias yang paling menarik. Tubuhnya berjalur merah danbiru hijau sepanjang tubuhnya dari insang sampai ekornya. Ikan hias ini mudah dipelihara, kuat dan tidak gampang sakit/mati.
Sentra produksi ikan tetra terdapat di Kota Depok dan Bogor. Wilayah pemasaran tetra saat ini lebih banyak di sekitar Jakarta dan Bogor.



MANFISH



Ikan manfish (Angel Fish) berasal dari Amerika Selatan, tetapi telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan manfish disebut Angel Fish (Ikan Bidadari), karena bentuk dan warnanya menarik serta gerakkannya yang tenang. Secara umum budidaya ikan manfish tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan dalam aquarium atau paso dari tanah, sehingga tidak membutuhkan investasi besar untuk budidayanya.
Sentra produksi ikan manfish terdapat di wilayah Jakarta dan Kota Bogor. Wilayah pendistribusiannya sebagian besar di Jakarta saja.



BLACK GHOST

(sumber gambar : fish-journal.com)

Ikan Black Ghost ( Afteronotus albifrons, Linneaus ) merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai peluang bisnis yang potensial. Ikan jenis ini belum banyak dikenal oleh masyarakat tetapi saat ini beberapa pengusaha ikan hias memproduksi benih sebagai komoditas lokal maupun ekspor.
" Black Ghost " berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan merupakan ikan pendamai, yang ukurannya dapat mencapai 50 cm, tubuhnya memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam. Ikan ini digolongkan kedalam ikan pisau (Knifefishes), karena secara keseluruhan bentuk tubuhnya menyerupai pisau melebar dari bagian kepala dan badan kemudian melancip dibagian perut.
Black Ghost banyak dibudidayakan di wilayah Jakarta Timur, Kota Bekasi dan Kota Bogor. Wilayah pendistribusian Black Ghost terletak di Jakarta, Bekasi dan Kota Bogor.



OSCAR



Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Warna badannya kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan. Tidak seperti ikan hias lain, ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus pada cara perkembangbiakannya, sehingga ikan Oscar ini termasuk ikan yang mahal.
Sentra produksi ikan hias Oscar terdapat di wilayah Jakarta Timur, Bandung, Surabaya dan Jawa Tengah. Wilayah distribusinya sebagian besar tersebar di Jakarta, Surabaya, Bandung dan Jawa Tengah itu sendiri.



KOMET



Ikan komet merupakan ikan yang cukup rentan penyakit hal ini disebabkan karena kondisi air pada tempat pemeliharaan ikan komet cepat menjadi kotor disebabkan oleh hasil buangan dari ikan komet yang banyak (kotoran). Komet (Carassius auratus-auratus) adalah jenis ikan air tawar yang hidup si perairan dangkal yang airnya mengalir tenang dan berudara sejuk. Ikan ini digemari masyarakat karena keindahan warna, gerak-gerik, dan bentuk tubuhnya yang unik. Berbeda dengan ikan hias lainnya, komet termasuk ikan ikan hias sepanjang masa.
Sentra produksi ikan komet terdapat di kabupaten Magelang, Kota Semarang, dan Kota Bogor. Sementara wilayah distribusinya tersebar di Jakarta, Semarang, Surabaya dan Bogor.



Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis ikan hias yang telah berhasil dibudidayakan namun yang perkembangannya cukup baik dan telah memasyarakat adalah ikan-ikan tersebut di atas. Dengan riset dan penelitian yang dilakukan tentunya akan banyak lagi ikan hias yang berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki nilai jual baik di dalam negeri maupun di pasaran ekspor.

Senin, 28 Mei 2012

AIR DAN PAKAN UNTUK IKAN CUPANG

Ada 2 hal yang kritikal dalam memelihara ikan cupang : air dan pakan.
Air

Air sebagai media kehidupan ikan cupang perlu selalu diperhatikan kondisinya. Berbicara mengenai air, tidak lepas dari apa yang disebut dengan Pondus Hydrogeny (pH) atau derajat keasaman air, yaitu derajat kandungan hidrogen dalam air. Nilai pH adalah antara 1—14. Air dengan angka pH 1 bersifat sangat asam, sementara pH 7 berarti netral. Air dengan pH 14 berarti sangat basa dan terasa pahit seperti sabun.

Derajat keasaman yang ideal untuk budidaya cupang adalah 6,2—7,5. Cupang tidak dapat hidup di air dengan pH 1—4 (terlalu rendah) atau 11—14 (terlalu tinggi). Jika pH tidak sesuai dengan pH ideal yang dibutuhkan cupang, cupang akan tidak bernafsu makan, berenang tidak stabil, sisiknya menjadi kasar, tidak mau berkembang biak atau bertelur, tubuhnya bantet, bahkan mati. Angka pH sangat dipengaruhi oleh kandungan CO2 dalam air. CO2 ini merupakan hasil respirasi ikan dan kadarnya berbeda antara siang dan malam. Selain itu, faktor sisa pakan, sekreasi ikan, dan penggantian air juga mempengaruhi pH.

Untuk mengukur derajat keasaman air, gunakan kertas lakmus atau pH meter. Jika pH air terlalu asam, tuang kapur pertanian atau kapaur bordo dengan dosis secukupnya ke dalam air. Jika pH terlalu basa, yaitu lebih besar dari 7, masukkan daun ketapang ke dalam wadah air.

Oleh karena itu, ada baiknya para peternak ikan cupang menggunakan daun ketapang untuk mengkondisikan air tempat memelihara ikan cupangnya. Ada 2 jenis daun ketapang :
  1. Daun ketapang yang tumbuh di daratan : Daun ketapang ini lumayan banyak di temukan di mana-mana dan fungsinya juga sangat baik untuk ikan cupang kususnya ikan cupang aduan & hias. untuk perawatan sisik & sirip sangat baik bila di gunakan daun ini, tapi ingat jangan biarkan daun ini terlalu lama di biarkan hingga berminggu-minggu ini akan mengakibatkan permukaan air menjadi seakan-akan seperti minyak hal ini dapat mengganggu kesahatan metabolisme ikan cupang.
  2. Daun ketapang yang tumbuh di pinggir pantai : Daun ini lebih bagus lagi dan saya sangat merekomendasikannya. selain membuat sisik & sirip ikan menjadi lebih baik air yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lebih terlihat menarik atau menyala lebih terang di banding perubahan air yang di hasilkan daun ketapang darat. dan juga daun ketapang ini lebih tahan lama karena air di permukaannya tidak berubah seperti berminyak pada permukaannya beda dengan air di daun ketapang darat.
Akan tetapi menurut pengalaman saya, daun ketapang yang baik adalah daun ketapang yang kering dan telah terjatuh sendiri dari pohonnya. dan bukan daun yang sengaja di petik kemudian di keringkan karena hasilnya akan berbeda dan khasiatnya kurang banyak bermanfaat untuk cupang peliharaan kita.
Daun ketapang yang dimasukkan ke wadah pemeliharaan ikan adalah daun ketapang yang telah kering. Beberapa peternak ada yang menuangkan/mencampurkan air daun ketapang ke dalam wadah pemeliharaan tanpa menyertakan daun ketapang tersebut. Prosesnya adalah dengan mengeringkan dahulu daun ketapang, lalu daun ketapang dimasukkan dalam air, dan diinapkan selama 1 hari. Setelah itu disaring. Air hasil penyaringan itulah yang dimasukkan ke dalah wadah pemeliharaan ikan cupang. Saya sendiri menyimpan air hasil penyaringan dalam botol-botol sebagai stok.

Berdasarkan pengalaman saya, perbandingan percampuran air yang ideal adalah  air biasa : air ketapang = 2 : 3. Namun harap diingat, sebaiknya jangan menggunakan air ketapang ini untuk proses pemijahan ikan, karena berdasarkan pengalaman saya, burayak-burayak yang menetas mencapai tingkat kematian yang sangat tinggi.
Selain masalah daun ketapang di atas, hal yang perlu diperhatikan adalah bila memelihara ikan cupang dengan menggunakan air PAM sebaiknya diinapkan dahulu selama 1 hari, supaya kadar kaporitnya mengendap.


Pakan

Sebenarnya pakan untuk ikan cupang tidak terlalu susah karena ikan cupang yang bersifat omnivora tersebut dikenal rakus dan bisa makan hampir apa saya. Jika anda punya sisa makanan seperti telur, daging, bahkan tempe dan tahu, berikan saja ke ikan cupang tersebut, biasanya dia akan makan makanan tersebut. Asalkan dibersihkan dahulu dan dipotong-potong kecil seukuran kira-kira mulut ikan cupang.

Namun, beberapa peternak cupang ada yang memberikan jenis makanan khusus dengan tujuan agar ikan cupang tersebut warnanya indah, siripnya panjang dan lebar, sisiknya keras, dan lain-lain. Ada yang berupa pakan alami atau pakan buatan (pellet). Untuk pakan buatan (pellet) kita bisa dapatkan di  toko-toko ikan. Untuk pakan alami kita bisa dapatkan di toko ikan khusus atau yang lengkap atau dengan mencarinya sendiri di lingkungan kita, atau juga dengan mengkulturnya sendiri.
Beberapa pakan alami ikan cupang yang familiar : jentik nyamuk (cuk), kutu air (daphnia), moina, microworm, infusoria, arthemia, dan lalin-lain.
Khusus untuk burayak ikan cupang biasa umur 3 hari ke atas biasa diberikan kutu air yang berukuran kecil/halus.

Khusus untuk indukan betina sebaiknya diberikan jentik nyamuk (cuk) agar produksi telurnya baik.



Kamis, 24 Mei 2012

CARA CEPAT MENAIKKAN PAGERANK

Silahkan pelajari dengan baik lalu anda terapkan dengan benar…. Ada kata bijak yang mengatakan “Honesty is The Best Policy (Kejujuran adalah politik/strategi terbaik)”, mari kita buktikan….apakah konsep kejujuran disini dapat kita gunakan untuk menghasilkan traffic dan popularity yang sangat hebat dari sebuah metode rumit para expert webmaster atau pakar SEO..? Saya percaya kita bisa asal metode ini anda terapkan dengan benar…,apabila ini di aplikasikan pada web/blog anda sesuai ketentuan maka:
  • Blog anda akan kebanjiran traffic pengunjung secara luar biasa hari demi hari, tanpa anda harus repot-repot memikirkan SEO atau capek-capek melakukan promosi keberbagai tempat di dunia online.

  • Blog anda juga akan kebanjiran backlink secara signifikan hari demi hari, tanpa perlu repot-repot berburu link keberbagai tempat di dunia internet.
Hal yang harus anda lakukan adalah ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buatlah postingan artikel seperti posting saya ini, atau copy-paste artikel ini. Lalu beri Judul sesuka anda (karena itu merupakan SEO buat web/blog anda sendiri).

  2. Anda cukup hanya meletakkan Link-Link di bawah ini pada artikel anda tersebut pada blog/web anda

    1. Google.com

    2. Bisnis Online

    3. Panduan belajar Wordpress

    4. Softare Asli

    5. Lirik Music Indo

    6. Lirik Music Luar

    7. Free Template

    8. game para gamer

    9. Tutorial Blogging | Internet Bisnis Online

    10. pVidia Blog

    11. kreativitas

    12. Bang huda

    13. Syaiful Hijrah

    14. PBM Matematika Iwan Sumantri
    15. Bunga Rampai Agribisnis Dan UKM 
PERATURAN :
  1. Sebelum anda meletakkan Link-Link tersebut ditas ke dalam postingan web/blog anda, harap hapus Link nomor 1 , Sehingga link no 1 hilang dari daftar link dan setiap link anda naikkan 1 level ke atas. Yang tadinya no 2 naik menjadi no 1, yang tadinya no 3 menjadi no 2, yang tadinya no 4 menjadi no 3 dan begitu seterusnya. Setelah itu masukkan Link anda pada urutan Paling bawah ( no 15 ).

  2. Ingat!!! Jangan Merubah Urutan daftar link Apabila setiap blogger yang ikut dalam metode ini berhasil di duplikasi ole blogger lain yang akan bergabung, andaikan 5 blogger yang bergabung maka Backlink yang anda dapat adalah Ketika:
Posisi anda 15, jumlah backlink = 1 Posisi 14, jumlah backlink = 5
Posisi 13, jumlah backlink = 25
Posisi 12, jumlah backlink = 125
Posisi 11, jumlah backlink = 625
Posisi 10, jumlah backlink = 3.125
Posisi 9, jumlah backlink = 15.625
Posisi 8, jumlah backlink = 78.125
Posisi 7, jumlah backlink = 390.625
Posisi 6, jumlah backlink = 1.953.125
Posisi 5, jumlah backlink = 9.765.625
Posisi 4, jumlah backlink = 48.828.125
Posisi 3, jumlah backlink = 244.140.625
Posisi 2, jumlah backlink = 1.220.703.125
Posisi 1, jumlah backlink = 6.103.515.625
Dan semua Dari kata kunci yang anda inginkan, bayangkan jika ini bisa berjalan dengan sempurna maka anda akan memperoleh 6.103.515.625 external link yang berasal dari berbagai blog yang anda tidak akan pernah bayangkan sebelumnya. Belum lagi apabila ada pengunjung blog anda dari Link List tersebut diatas maka otomatis anda akan memperoleh traffic ke web/blog anda juga. Ingat!!! Aturuan mainnya, Anda harus memulai dari urutan paling bawah (no 15) sehingga hasil backlink anda bisa Maksimal. Jangan salahkan saya apabila anda tidak mengikuti metode ini dengan benar dan Link anda tiba-tiba berada pada urutan no 1 dan menghilang pada Link daftar. Jadi mulai lah pada urutan paling bawah(no 15). Bisakah Anda melakukan tindakan tidak fair atau tidak jujur dengan menyabotase metode ini, misalkan saja “menghilangkan semua link asal” lalu di isi dengan link web/blog anda sendiri…? ….Bisa, dan metode ini menjadi tidak maksimal. Kejujuran adalah strategi/politik terbaik…..Tapi saya yakin bahwa kita semua tak ingin menjatuhkan kredibilitas diri sendiri dengan melakukan tindakan murahan seperti itu…

PEMIJAHAN IKAN CUPANG



Sebagai hobiist ikan cupang, adalah lebih mudah untuk membeli beberapa ikan cupang kecil yang terlihat bagus, lalu dirawat sampai menjadi ikan cupang dewasa yang terlihat lebih indah, apalagi sekualitas taraf kontes. Dengan kata lain, kita menjadi Raiser. Namun ada baiknya kita melangkah ke tahap berikutnya, yaitu mengawinkan indukan ikan cupang (jantan dan betina) dan menghasilkan sendiri anakan ikan cupang. Dengan kata lain, kita melangkah menjadi Breeder. Dengan menjadi breeder, kita dapat mengawinsilangkan indukan untuk mendapatkan keturunan/anakan yang lebih unggul, dalam arti bentuk warna lebih indah dan bervariasi.dan sebagainya. Postingan saya kali ini membahas mengenai proses pemijahan ikan cupang berdasarkan pengalaman saya.

  • Pilih indukan siap kawin yang cantik, sehat, tidak cacat dan cukup umur, yaitu antara 4 sampai 6 bulan. Ciri-ciri ikan cupang jantan yang siap kawin adalah sering membuat buih/gelembung udara di permukaan. Ciri-ciri ikan cupang betina yang siap kawin adalah bentuk perutnya membulat dan kelihatan bagian kuning memanjang di bagian perutnya.
  • Siapkan wadah pemijahan. Bisa berupa ember atau aquarium ukuran sedang. Ketinggian air kira-kira 20 sampai 30 cm. Airnya yang bersih, kalau berasal dari PAM atau air ledeng biarkan saja sehari supaya kandungan kaporitnya mengendap. Kalau dari air tanah tidak perlu diinapkan.
  • Taruh tanaman seperti eceng gondok atau kalau tidak ada kita bisa pakai stirofoam, sebagai tempat sarang.
  • Taruh ikan yang jantan dahulu. Biarkan selama 3 jam atau 6 jam. Paling lama sehari. Beri makan secukupnya.
  • Masukkan toples yang berisi ikan betina ke dalam wadah pemijahan. Jangan langsung dicampur dulu.
  • Biarkan proses tersebut sampai ikan cupang jantan membuat buih di sekitar eceng gondok atau stirofoam.
  • Kalau buih sudah lumayan banyak, campurkan yang betina dengan yang jantan.
  • Biarkan proses pemijahan terjadi. Kalau ikan jantan sudah "memeluk" ikan betina sekitar beberapa detik dan melayang-melayang di dalam air, berarti sedang terjadi proses pemijahan, dimana yang betina mengeluarkan telur sedangkan jantan mengeluarkan sperma.
  • Telur-telur yang jatuh akan diambil ikan jantan dengan mulutnya untuk diletakkan di buih-buih.
  • Proses ini akan terus berulang-ulang. Kira-kira 3-4 jam setelah itu, pada saat betina mulai mendekati sarang dan mencari telur untuk dimakan, angkat betina tersebut dari wadah pemijahan. Yang jantan biarkan saja tetap dalam wadah pemijahan. Karena yang jantan lah yang akan mengurus dan merawat telur sampai menetas dan menjadi burayak-burayak.


Rabu, 23 Mei 2012

DOKUMENTASI HOBI IKAN CUPANG

Saya dan suami saya mengisi waktu luang kami dengan hobi ternak ikan cupang.



Pagi-pagi sebelum berangkat kerja, jemur dulu ikan-ikannya.



Sambil jemur ikan, jemur juga daun-daun ketapang. Sorenya sudah kering seperti ini, kalau cuaca cerah dan terik matahari.


Daun-daun ketapang yang sudah kering tersebut kemudian direndam 1 sampai 2 hari. Airnya dicampurkan ke wadah ikan, supaya perkembangbiakannya baik. Sisa air yang ada disimpan ke wadah botol-botol sebagai stok.


Biasanya pada sore hari setelah pulang kerja, kami memeriksa ikan-ikan kami sambil memberi makan. Bila ada ikan jantan dan betina yang terlihat siap kawin dan bagus sebagai indukan, kami kawinkan. Pada gambar di atas adalah awal proses perkawinan, dimana yang jantan kami tempatkan dalam wadah tempat kawin, lalu wadah toples kami tempatkan yang betina. Lalu kami masukkan wadah tempat betina ke wadah tempat kawin tadi. Ini maksudnya adaptasi atau penjodohan. Kalau yang jantan mulai mengeluarkan busa dan betina tampak tertunduk berarti sudah jodoh. Lalu kami campurkan untuk proses berikutnya.

IKAN CUPANG (BETTA FISH)










Ikan Cupang (Betta sp.) merupakan ikan hias yang cukup banyak dikenal dan diminati orang untuk dipelihara. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjadi penggemar ikan jenis ini. Selain dinikmati keindahannya ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung, karena sifatnya yang sangat agresif terhadap ikan cupang yang lain. Ikan cupang banyak digemari selain karena keindahanya juga karena perawatan yang mudah, tidak memerlukan tempat yang luas. Penggemar ikan hias jenis ini tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar
negeri. Bisnis ikan cupang sebagaimana bisnis ikan hias lainnya merupakan ladang bisnis yang cukup mudah dijalankan karena tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan tempat yang luas dan bisa dijadikan bisnis sampingan.

Ikan ini adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Kalimantan Timur.
Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Dalam sejarahnya di Indonesia, ikan cupang dahulu sekali hanyalah ikan yang hidup di daerah persawahan. Tapi sekarang sudah sangat berbeda dari bentuk aslinya dahulu. Ikan cupang di Indonesia dikenal dan dipelihara oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak tahun 1960-an dan lebih banyak dikenal sebagai ikan cupang sawah. Dan kala itu ikan cupang penggemarnya hanyalah anak-anak dan belum dirambah oleh kalangan orang-orang kaya. Perubahan  terjadi pada tahun 1970, dimana saat itu importir memperkenalkan jenis cupang baru. Ada yang ekor pendek yang sekarang kita sebut dengan ikan cupang aduan atau cupang laga. Ada juga yang berekor panjang yang dulu kita kenal dengan cupang jenis slayer. Saat itu cupang hias yang baru muncul adalah jenis slayer ekor lilin  dan tetap mendominasi sampai era tahun 1990-an. Sampai ketika para penggemar cupang memadukan atau mengawin silangkan mereka menjadi ikan yang lebih bervariasi bentuk & warnanya. Cupang hias jenis baru ini mempunyai ekor yang dihiasi tulang yang lebih menonjol keluar. Ada yang berbentuk duri panjang, sisir, yang biasanya kita sebut jenis serit. Dan yang menggelembung kita sebut Half Moon. Pada pertengahan tahun 1990-an, ikan cupang mulai diperlombakan dan dipamerkan keindahan fisiknya tapi mereka belum memisahkan kategorinya seperti sekarang yang memisahkan bentuk sirip maupun warnanya. Kini ikan cupang bukan hanya untuk diadu, melainkan juga untuk dinikmati keindahannya. Ikan cupang ini juga dipelihara, dikoleksi, dibudidaya dan juga dijual sampai ke luar negeri. Indonesia sendiri merupakan penghasil  ikan cupang hias terbesar kedua di dunia, setelah Thailand. Namun kalau cupang alam, Indonesia menjadi penghasil nomor satu didunia. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 40 jenis cupang alam yang sudah diteliti.


Jenis

Perkembangan variasi ditinjau dari segi bentuk dan warna terbilang pesat dalam beberapa generasi terakhir. Beberapa jenis cupang yang dikenal sekarang ini:
  • Betta pugnax (Forest Betta)
  • Betta taeniata (Banned Betta)
  • Betta macrostoma (Bruney Beauty)
  • Betta unimaculata (Golden Slender)
  • Betta picta (Painted Betta)
  • Betta anabantoides (Pearly Betta)
  • Betta edithae (Betta Brederi)
  • Betta foerschi (Purple Saphire Betta)
Ikan cupang di atas dikenal sebagai mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut, sedangkan kelompok di bawah ini yang merupakan kerabat ikan cupang (betta), yang membangun sarangnya dengan busa (bublle nest)
  • Betta akarensis (Sarawak Betta)
  • Betta coccina (Clorat's Betta)
  • Betta bellica (Standard's Betta)
  • Betta tesyae (Peaceful Betta)
  • Betta smaragdina (Emerald Betta)
  • Betta imbelis (Slugger's Betta)
  • Betta splendens (Siamese Fighting Fish)
Jenis ikan cupang lain yang dikenal sebagai:
  • Betta albimarginata
  • Betta channoides
  • Betta balunga
  • Betta breviobesus.

Cupang hias

Cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  • Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982.


  • Crowntail (ekor mahkota) atau serit, cupang jenis ini pertama kali dibudidayakan oleh seorang peternak cupang yang tinggal di daerah Jakarta Barat, tepatnya di daerah Slipi sekitar tahun 1968 (oleh karena itu slipi dikenal juga sebagai pusat ikan cupang hiasnya Indonesia). Ciri utamanya adalah sirip dan ekornya yang menyerupai sisir sehingga dinamakan serit.


  • Double tail (ekor ganda)

 

  • Plakat Halfmoon


  • Giant (cupang raksasa), cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya bisa mencapai 12 cm.